Cara Mengobati Luka Bakar

Pengobatan luka bakar diberikan berdasarkan luas dan beratnya luka bakar serta pertimbangan penyebabnya. Resusitasi cairan penting dalam menangani kehilangan penyebabnya. Resusitasi cairan penting dalam menangani kehilangan cairan intravaskular. Oksigen diberikan melalui masker atau ventilasi buatan.

Luka bakarnya sendiri dapat ditutupi balutan steril basah atau kering. Penambahan obat topikal dapat juga diindikasikan. Luka bakar berat memerlukan debridemen luka dan transplantasi. Luka bakar akan mendapatkan analgesik atau narkotik untuk mengurangi nyerinya. Pada luka bakar berat, kebutuhan nutrisi dipenuhi dengan memberikan diet tinggi kalori atau dukungan nutrisi intravena.

Intervensi keperawatan pertolongan pertama dan perawatan darurat mencegah cedera lebih lanjut

1. Luka terkena air panas – hentikan proses luka bakar dengan membuka pakaian pada tubuh yang terluka, kemudian pasang balutan steril lembap atau kering.

2. Luka bakar api – jatuhkan dan gulingkan tubuh seseorang yang terbakar untuk memadamkan api, buka pakaian yang tidak menempel, pasang balutan lembap dan kering.

3. Luka bakar bahan kimia, jika terkena mata dan kulit. Bilas mata atau kulit yang terkena bahan kimia selama 20 menit.

4. Luka bakar listrik, matikan sumber listrik, lakukan resusitasi janutng-paru.

Penatalaksanaan pengobatan dan perawatan luka bakar

1. Penderita luka bakar harus segera dijauhkan dari agens yang dapat membakar, dan daerah kulit yang terkena harus segera direndam dalam air dingin untuk menghentikan kerusakan lebih lanjut. Pemberian es harus dihindari karena dapat menurunkan aliran darah ke daerah yang terkena dan memperburuk derajat luka bakar. Pakaian yang dikenakan tidak boleh dilepas pada luka bakar serius, karena melepas luka bakar berarti melepas kulit.

2. Edema yang berhubungan dengan luka bakar ketebalan parsial atau superfisial dapat dikendalikan dengan perendaman air dingin.

3. Penderita luka bakar luas harus mendapat pengobatan. Bayi, anak kecil dan lansia dan penderita sakit kronis yang mengalami luka bakar serius harus dinilai oleh dokter. Luka bakar pada tangan, wajah dan genital harus dinilai oleh ahli medis.

4. Luka bakar derajat pertama biasnya dapat direndam dalam air dingin atau diberi kompres dingin dan obat antiinflamasi dalam waktu yang lama.

5. Semua luka bakar yang lebih dalam memerlukan terapi antibiotik dan harus dievaluasi oleh ahli medis. Penggunaan salep berbasis perak dapat efektif karena perak dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Perak bersifat toksik namun sifatnya yang keratinosit dan fibroblas diperlukan untuk penyembuhan luka sehingga risiko dan keuntungannya harus dipertimbangkan.


=====================================

>>> Abecell Untuk Pengobatan Luka Bakar dan Memperbaiki Jaringan Kulit yang rusak, Klik Detail disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Luka Bakar and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>